Sambal Balada Covid-19 di Indonesia

Sambal, sambal apa yang enak?
Yang pasti bukan Sambal Balada. Apalagi kalau baladanya balada Covid-19 🙁

Ini adalah beberapa kisah yang harusnya nikmat kayak sambal balado, tapi sayang yang terasa hanya pedasnya saja.

  • Deden, 38 tahun, adalah seorang cleaning service di sebuah restoran di Bandung. Dengan penghasilannya yang dibawah UMR, Deden berusaha menghidupi kedua anaknya. Semenjak Covid-19 mampir di Bandung, restoran tempat Deden bekerja harus tutup. Alhasil, Deden kini luntang lantung menjadi job seeker demi menafkahi keluarganya.
  • Kisah lain datang dari Selatan Jakarta. Citra, 35 tahun, adalah seorang single parent yang sehari-hari bekerja sebagai penjaga toko. Dengan penghasilannya yang tipis-tipis di tepian UMR, Ia harus sering-sering mengurut pelipis dalam membiayai kebutuhan empat anaknya di masa pandemi ini.
  • Eric dari Bekasi adalah seorang tuna rungu dengan bakat melukis. Dengan semangat ingin mandiri, ia berwiraswasta dengan menjual lukisan karyanya. Sayang karena sekarang orang-orang lagi physical distancing, penjualan lukisan Eric menurun. Akibatnya, omset dia juga turun deh.

Deden, Citra, Eric dan 1.770.913 orang (Kemenaker per 12 Mei 2020) kehilangan penghasilannya dan terancam tidak bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarganya saat ini. Di hari-hari normal, mereka hanya nyaris hidup dari pendapatan yang mayoritas di bawah UMR. Lantas bagaimanakah kondisi mereka di masa pandemi Covid-19?

Sedekah Buku Indonesia dan Yayasan Tanpabatas membuka donasi untuk membantu Deden, Citra, Eric dan saudara-saudara kita lainnya yang mengalami PHK tanpa pesangon dan pedagang/pekerja harian yang kehilangan penghasilannya dengan kriteria-kriteria sebagai berikut:

  1. Pekerja berpenghasilan di bawah UMR kota/kabupaten/ Pekerja kelas menengah-bawah;
  2. Memiliki Anak / Tanggungan;
  3. Penyandang difabel atau memiliki Keluarga Difabel;
  4. Wanita Berstatus Janda/ Single Parent.

Dengan cara memberikan donasi untuk membantu mereka kita turut membantu memenuhi kebutuhannya dan tidak kehilangan harapan untuk tetap bertahan di situasi yang tidak menentu ini.

Klik pada tautan http://kitabisa.com/campaign/foodforall untuk memberikan donasi sekarang.

Untuk informasi lebih lanjut di Instagram @sedekahbukuid atau dapat menghubungi Puput (0856 9757 4660) / Juan (0878 8687 5833).

Sekecil apapun bantuan akan membuat perbedaan dalam hidup saudara kita.
Terimakasih telah berbagi kebaikan.

#foodforall #temantanpabatas #sedekahbukuid #covid19 #donasi